Sejarah Microsoft dan Perkembangannya - GENINSAN

Friday, September 13, 2019

Sejarah Microsoft dan Perkembangannya

MICROSOFT CORPORATION atau yang lebih kita kenal hanya Microsoft, siapa yang tidak kenal dengan perusahaan yang sudah melahirkan Windows dan juga Microsoft Office ini? tentu saja banyak yang mengenal tentang Microsoft, tapi apakah kalian tahu tentang sejarah dari berdirinya perusahaan ini, serta pendirinya? Kali ini kita akan membahas tentang sejarah dari perusahaan ini dan perjuangan sang pendiri untuk mengembangkan perusahaan ini sehingga menjadi sampai sekarang.

Baca juga : Sejarah Windows
Pengertian dan Sejarah Microsoft
Microsoft Corporation atau Microsoft adalah perusahaan teknologi multinasional Amerika dengan kantor pusat di Redmond, Washington. Amerika Serikat yang mengembangkan, memproduksi, melisensikan, mendukung dan menjual perangkat lunak komputer, elektronik konsumen, komputer pribadi, dan layanan terkait dengan komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975.

Produk-produk perangkat lunaknya yang paling terkenal adalah sistem operasi Microsoft Windows, paket Microsoft Office, serta browser Internet Explorer dan Edge Web. Produk perangkat keras andalannya adalah konsol video game Xbox dan jajaran komputer layar sentuh Microsoft Surface. Microsoft adalah salah satu pembuat perangkat lunak terbesar di dunia berdasarkan pendapatannya, dan salah satu perusahaan paling berpengaruh di dunia.

Nama Microsoft sendiri diambil dari gabungan antara Micro komputer dan software. Awal didirikannya Microsoft adalah untuk mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800. Perusahaan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, diikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows. Penawaran umum perdana Microsoft tahun 1986, dan kenaikan tajam harga sahamnya, menciptakan tiga miliuner dan 12.000 jutawan di kalangan karyawan Microsoft.

Sejak 1990-an, perusahaan ini semakin terdiversifikasi dari pasar sistem operasi dan telah melakukan sejumlah akuisisi perusahaan. Pada bulan Mei 2011, Microsoft membeli Skype Technologies senilai $8,5 miliar dan yang terbesar dalam sejarah Microsoft adalah akuisisi LinkedIn sebesar $26,2 miliar pada Desember 2016.

Pada tahun 2015, Microsoft berhasil mendominasi pasar sistem operasi IBM-PC yang kompatibel, dan pasar software perkantoran melalui Microsoft Officenya (meskipun sekarang telah kehilangan sejumlah besar pasarnya diakibatkan oleh Android). Microsoft juga memproduksi berbagai perangkat lunak konsumen dan perusahaan lainnya untuk desktop, laptop, tab, gadget, server, dll. Termasuk pencarian Internet (dengan Bing), pasar layanan digital (melalui MSN), realitas campuran (HoloLens), cloud komputasi (Azure) dan pengembangan perangkat lunak (Visual Studio).

Steve Ballmer menggantikan Bill Gates sebagai CEO pada tahun 2000, dan kemudian menciptakan sebuah strategi "perangkat dan layanan", dan mulai dengan mengakuisisi Danger Inc. pada tahun 2008, Microsoft memasuki pasar produksi komputer pribadi untuk pertama kalinya, lalu pada bulan Juni 2012 meluncurakan Microsoft Surface komputer tablet dan kemudian membuat Microsoft Mobile melalui akuisisi divisi perangkat dan layanan Nokia. Satya Nadella mengambil alih sebagai CEO pada tahun 2014, perusahaan semakin meningkat yang membantu saham perusahaan mencapai nilai tertinggi sejak Desember 1999 yang lalu.

Pada tahun 2018, Microsoft melampaui Apple Inc. sebagai perusahaan publik yang paling bernilai di dunia dan menjadi perusahaan publik AS ketiga yang bernilai lebih dari $1 triliun setelah Apple dan Amazon, masing-masing mencapai kapitalisasi pasar triliun dolar pada tahun 2018.

Biografi dan Perjalanan Pendiri Microsoft



Paul Allen dan Bill Gates, sesama teman masa kecil yang menggemari pemrograman komputer, berusaha membuat bisnis yang sukses dengan memanfaatkan kemampuan mereka. Majalah Popular Electronics edisi Januari 1975 menampilkan mikrokomputer Altair 8800 buatan Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS). Melihat itu di majalah, Allen mengetahui bahwa mereka bisa memprogram penerjemah BASIC untuk alat tersebut. Setelah mendapat panggilan telepon dari Gates yang mengklaim bahwa mereka punya penerjemah, MITS langsung minta didemonstrasikan. Karena saat itu mereka memang tidak punya penerjemah, Allen membuat sebuah simulator untuk Altair, sementara Gates mengembangkan penerjemahnya.

Meski mereka mengembangkan penerjemah pada sebuah simulator, bukan alat aslinya, penerjemah tersebut beroperasi dengan sangat mulus ketika didemonstrasikan kepada MITS di Albuquerque, New Mexico pada bulan Maret 1975. MITS setuju mendistribusikan dan memasarkannya dengan nama Altair BASIC. Mereka secara resmi mendirikan Microsoft tanggal 4 April 1975 dan mengangkat Gates sebagai CEO. Allen mencetuskan nama "Micro-Soft", seperti yang dikatakan dalam artikel majalah Fortune tahun 1995. Pada bulan Agustus 1977, perusahaan ini membuat perjanjian dengan ASCII Magazine di Jepang dan berujung pada pendirian kantor internasional pertamanya, "ASCII Microsoft". Perusahaan ini pindah ke kantor barunya di Bellevue, Washington bulan Januari 1979.

Baca juga : Youtube Akan Menerapkan Peraturan Baru COPPA

Microsoft memasuki bisnis SO (sistem operasi) pada bulan 1980 dengan Unix versinya sendiri bernama Xenix. Tetapi, justru MS-DOS yang memperkuat dominasi perusahaan. Setelah negosiasi dengan Digital Research gagal, IBM menyetujui kontrak dengan Microsoft pada bulan November 1980 untuk menyediakan versi CP/M OS, yang akan dipakai di jajaran IBM Personal Computer (IBM PC) mendatang. Untuk persetujuan ini, Microsoft membeli tiruan CP/M bernama 86-DOS dari Seattle Computer Products, mengganti namanya menjadi MS-DOS, yang diganti lagi oleh IBM menjadi PC-DOS. Setelah peluncuran IBM PC bulan Agustus 1981, Microsoft mendapatkan kepemilikan MS-DOS.

Sejak IBM mendaftarkan hak cipta IBM PC BIOS, perusahaan lain harus melakukan kloningannya agar perangkat keras non-IBM dapat beroperasi sebagai komputer kompatibel IBM PC. Karena berbagai faktor dan perangkat lunak MS-DOS yang mendominasi saat itu, Microsoft langsung menjadi vendor sistem operasi PC terdepan pada masanya. Perusahaan ini memperluas diri ke pasar-pasar baru melalui peluncuran Microsoft Mouse tahun 1983, serta divisi penerbitan bernama Microsoft Press. Paul Allen mengundurkan diri dari Microsoft bulan Februari setelah dinyatakan terserang penyakit Hodgkin.

Biografi Bill Gates



William Henry "Bill" Gates III atau yang lebih kita kenal Bill Gates (lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955; umur 63 tahun) adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Ia menduduki peringkat tetap di antara orang-orang terkaya di dunia dan menempati peringkat pertama sejak 1995 hingga 2009, tidak termasuk 2008 ketika ia turun ke peringkat tiga.

Gates termasuk salah seorang pengusaha revolusi komputer pribadi terkenal di dunia. Meski demikian, taktik bisnisnya dikritik karena dianggap anti-kompetitif. Pada tahap-tahap akhir kariernya, Gates melakukan beberapa usaha filantropi dengan menyumbangkan sejumlah besar dana ke berbagai organisasi amal dan program penelitian ilmiah melalui Bill & Melinda Gates Foundation yang didirikan tahun 2000.

Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pejabat eksekutif tertinggi di Microsoft pada bulan Januari 2000. Ia masih menjabat sebagai ketua dan membentuk jabatan kepala arsitek perangkat lunak. Pada Juni 2006, Gates mengumumkan bahwa ia akan bekerja paruh waktu di Microsoft dan purna waktu di Bill & Melinda Gates Foundation. Ia melimpahkan secara bertahap semua pekerjaannya kepada Ray Ozzie, kepala arsitek perangkat lunak, dan Craig Mundie, pejabat riset dan strategi tertinggi Microsoft. Hari kerja purna waktu terakhir Gates di Microsoft adalah 27 Juni 2008. Saat ini, ia masih bekerja di Microsoft sebagai ketua non-eksekutif.

Biografi Paul Allen



Paul Gardner Allen atau Paul Allen (lahir 21 Januari 1953 – meninggal 15 Oktober 2018 pada umur 65 tahun) adalah taipan bisnis, investor, dan filantropis Amerika Serikat. Ia mendirikan Microsoft bersama Bill Gates pada tahun 1975. Ia merupakan orang terkaya ke-46 di dunia dengan kekayaan bersih $20,3 miliar atau 100 juta lembar saham Microsoft.

Allen adalah pendiri dan ketua Vulcan Inc., organisasi yang menangani bisnis dan aktivitas filantropinya. Allen memiliki portofolio investasi senilai miliaran dolar yang meliputi perusahaan-perusahaan teknologi dan media, penelitian ilmiah, kepemilikan properti, penerbangan antariksa swasta, dan lain-lain. Ia memiliki dua tim olahraga profesional, Seattle Seahawks di National Football League dan Portland Trail Blazers di National Basketball Association. Ia juga memiliki Seattle Sounders FC, tim yang bergabung dengan Major League Soccer tahun 2009.

Ia adalah pendiri Allen Institute for Brain Science, Institute for Artificial Intelligence, Institute for Cell Science, dan Stratolaunch Systems. Sepanjang hidupnya, Allen menyumbangkan lebih dari $2 miliar untuk program pendidikan, perlindungan hewan liar dan lingkungan, seni, layanan kesehatan, layanan masyarakat, dan lain-lain. Allen mendapat banyak penghargaan di berbagai bidang dan masuk daftar Time 100 Most Influential People in The World tahun 2007 dan 2008.

Perkembangan Microsoft Hingga Sekarang


1984–1994 (Windows dan Office)

Saat mengembangkan SO baru bersama IBM tahun 1984, OS/2, Microsoft meluncurkan Microsoft Windows, sebuah ekstensi grafis untuk MS-DOS, tanggal 20 November. Microsoft memindahkan kantor pusatnya ke Redmond tanggal 26 Februari 1986, dan pada tanggal 13 Maret, Microsoft menjadi perusahaan umum. kenaikan tajam harga saham berhasil menciptakan empat miliuner dan 12.000 jutawan dari kalangan karyawan Microsoft sendiri.

Karena kemitraannya dengan IBM, pada tahun 1990, Federal Trade Commission mengawasi Microsoft dikarenakan adanya kemungkinan kolusi, masa itu menandakan awal dari satu dasawarsa penuh tuntutan hukum dari Pemerintah Amerika Serikat. Microsoft mengumumkan peluncuran versi OS/2-nya kepada pembuat peralatan asli (OEM) tanggal 2 April 1987, sementara itu, perusahaan ini sedang mengerjakan sebuah SO 32-bit, Microsoft Windows NT, menggunakan ide dari OS/2. SO baru ini diluncurkan tanggal 21 Juli 1993 dengan kernel moduler baru dan antarmuka pemrograman aplikasi (API) Win32, menjadikan porting dari Windows 16-bit (berbasis MS-DOS) lebih mudah. Setelah Microsoft memberitahu IBM tentang NT, kemitraan OS/2 berakhir.

Microsoft memperkenalkan perangkat lunak perkantorannya yaitu Microsoft Office, tahun 1990. Perangkat lunak ini terdiri dari beberapa aplikasi produktivitas kantor, seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel. Pada tanggal 22 Mei, Microsoft meluncurkan Windows 3.0 dengan grafis antarmuka pengguna baru dan kapabilitas mode terlindungi mutakhir untuk prosesor Intel 386.

Baik Office dan Windows menjadi produk pendominasi di bidangnya masing-masing. Novell sebagai pesaing Word pada 1984–1986, mengajukan tuntutan hukum beberapa tahun kemudian yang mengklaim bahwa Microsoft meninggalkan sebagian API-nya tak terdokumentasi untuk mendapatkan keunggulan dalam bersaing.

Tanggal 27 Juli 1994, Departemen Kehakiman AS, Divisi Antitrust mengeluarkan Pernyataan Dampak Persaingan yang menyatakan bahwa "Mulai tahun 1988, hingga 15 Juli 1994, Microsoft memaksa banyak OEM untuk mengeksekusi lisensi "per prosesor" yang anti-persaingan. Di bawah lisensi per prosesor, sebuah OEM membayar Microsoft royalti untuk setiap komputer yang dijualnya yang berisi mikroprosesor tertentu, apakah OEM tersebut menjual komputer dengan sistem operasi Microsoft atau sistem operasi non-Microsoft.

Akibatnya, pembayaran royalti ke Microsoft ketika tidak ada produk Microsoft yang digunakan berperan sebagai penalti, atau pajak, terhadap pemakaian sistem operasi PC saingan oleh OEM tersebut. Sejak 1988, pemakaian lisensi per prosesor oleh Microsoft terus meningkat.


1995–2007 (Masuk ke Web, Windows 95, Windows XP, dan Xbox)

Setelah "memo Internet Tidal Wave" internal Bill Gates tanggal 26 Mei 1995, Microsoft mulai merancang ulang penawarannya dan memperluas jajaran produknya ke jaringan komputer dan World Wide Web. Perusahaan ini merilis Windows 95 tanggal 24 Agustus 1995, dengan tugas ganda bergilir, antarmuka pengguna baru yang dilengkapi tombol 'start', dan kompatibilitas 32-bit.

Sama seperti NT, SO ini menyediakan API Win32. Windows 95 keluar lengkap dengan layanan daring MSN, dan peramban web Internet Explorer untuk OEM. Internet Explorer tidak disertakan dengan kotak eceran Windows 95 karena kotak tersebut dicetak sebelum tim menyelesaikan pengembangan peramban web tersebut, dan baru disertakan dalam paket Windows 95 Plus!.

Dengan perluasan ke pasar baru tahun 1996, Microsoft dan NBC Universal mendirikan stasiun berita kabel 24/7 baru bernama MSNBC. Microsoft merancang Windows CE 1.0, sebuah SO baru yang dirancang untuk peralatan dengan memori rendah dan keterbatasan lainnya, seperti asisten digital pribadi. Bulan Oktober 1997, Departemen Kehakiman mengeluarkan mosi di Pengadilan Distrik Federal, menyatakan bahwa Microsoft melanggar perjanjian yang ditandatangani tahun 1994 dan meminta pengadilan menghentikan pemaketan Internet Explorer bersama Windows.

Tanggal 13 Januari 2000, Bill Gates menyerahkan jabatan CEO kepada Steve Ballmer, teman lama Gates di perguruan tinggi dan karyawan perusahan ini sejak 1980, dan menciptakan jabatan baru untuk dirinya sebagai Kepala Arsitek Perangkat Lunak. Berbagai perusahaan, termasuk Microsoft, membentuk Trusted Computing Platform Alliance pada bulan Oktober 1999 untuk meningkatkan keamanan dan melindungi properti intelektual melalui identifikasi perubahan perangkat keras dan lunak.

Kritikus menyatakan aliansi ini merupakan cara untuk memaksakan batasan tanpa pandang bulu tentang bagaimana konsumen memakai perangkat lunak dan bagaimana komputer bereaksi, suatu bentuk manajemen hak digital. Misalnya, sebuah komputer tidak hanya diamankan untuk pengguna, tetapi juga diamankan melawan pengguna. Tanggal 3 April 2000, sebuah putusan dijatuhkan dalam kasus Amerika Serikat v. Microsoft, menyebut perusahaan ini melakukan "monopoli kasar" dan kasus ini selesai dengan Departemen Kehakiman AS tahun 2004.


Tanggal 25 Oktober 2001, Microsoft merilis Windows XP, sehingga menyatukan arus utama dan jajaran NT di bawah basis kode NT. Perusahaan ini meluncurkan Xbox pada akhir tahun 2000, menandakan masuknya Microsoft ke pasar konsol permainan yang selama ini didominasi Sony dan Nintendo.

Pada bulan Maret 2004, Uni Eropa mengeluarkan tuntutan hukum antitrust terhadap perusahaan ini, dengan menyebut Microsoft menyalahgunakan dominasinya dengan Windows OS, sehingga berujung pada putusan hakim untuk membayar ganti rugi sebesar €497 juta ($613 juta) dan memproduksi versi baru Windows XP tanpa Windows Media Player, Windows XP Home Edition N dan Windows XP Professional N.


2007–2011 (Microsoft Azure, Windows Vista, Windows 7, dan Microsoft Stores)

Dirilis bulan Januari 2007, versi Windows selanjutnya, Windows Vista, berfokus pada fitur, keamanan, dan antarmuka pengguna baru yang dijuluki Aero. Microsoft Office 2007, dirilis pada saat yang sama, menampilkan antarmuka pengguna "Ribbon" yang menjadi perubahan terbesar dari versi sebelumnya. Penjualan kedua produk yang relatif kuat membantu menciptakan rekor laba tahun 2007.

Uni Eropa menjatuhkan denda lain senilai €899 juta ($1,4 miliar) atas ketidakpatuhan Microsoft terhadap putusan Maret 2004 pada tanggal 27 Februari 2008, menyatakan bahwa perusahaan ini mendenda pesaing-pesaingnya dengan nilai yang tidak masuk akal atas informasi utama mengenai server kelompok kerja dan administrasinya. Microsoft menyatakan bahwa mereka patuh dan akan membayar dendanya.


Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala Arsitek Perangkat Lunak pada 27 Juni 2008 dan memegang jabatan lain di Microsoft selain menjadi penasihat perusahaan pada proyek-proyek utama. Azure Services Platform, tanda masuknya Microsoft ke pasar komputasi awan untuk Windows, diluncurkan tanggal 27 Oktober 2008.

Pada 12 Februari 2009, Microsoft mengumumkan keinginannya untuk membuka jaringan toko ritel bermerek Microsoft, dan pada 22 Oktober 2009, Microsoft Store pertama dibuka di Scottsdale, Arizona (hari yang sama dengan peluncuran resmi Windows 7). Windows 7 diciptakan sebagai perbaikan Windows Vista dengan fitur yang mudah digunakan dan pemutakhiran performa.


Seiring ledakan industri smart phone yang dimulai tahun 2007, Microsoft berusaha sejajar dengan pesaingnya, Apple dan Google, dalam penyediaan sistem operasi smart phone modern. Sebagai hasilnya, pada tahun 2010, Microsoft merombak sistem operasi telepon genggamnya yang sudah tua, Windows Mobile, dan menggantinya dengan Windows Phone OS yang baru (bersama strategi baru dalam industri smart phone), Microsoft terus bekerja sama dengan manufaktur telepon genggam seperti Nokia dan menyediakan pengalaman pengguna yang konsisten di semua telepon cerdas yang memakai Windows Phone OS. SO ini menggunakan bahasa desain antarmuka pengguna yang baru, "Metro", yang menampilkan bentuk, tipografi, dan ikonografi sederhana.

Microsoft adalah anggota pendiri Open Networking Foundation pada 23 Maret 2011. Perusahaan pendirinya meliputi Google, HP Networking, Yahoo, Verizon, Deutsche Telekom, dan 17 perusahaan lain. Organisasi nirlaba ini berfokus pada penyediaan dukungan untuk inisiatif komputasi awan baru bernama Software-Defined Networking. Inisiatif ini bertujuan untuk mempercepat inovasi melalui perubahan perangkat lunak yang sederhana pada jaringan telekomunikasi, jaringan nirkabel, pusat data, dan wilayah jaringan lainnya.


2011–2014 (Perangkat Windows 8 / 8.1, Xbox One, Outlook, dan Surface)

Menyusul peluncuran Windows Phone, Microsoft melakukan rebranding secara bertahap atas jajaran produknya sepanjang 2011 dan 2012, dengan logo, produk, layanan, dan situs web perusahaan yang mengadopsi prinsip dan konsep bahasa desain Metro. Microsoft meluncurkan Windows 8, sistem operasi yang dirancang untuk memberi daya pada komputer pribadi dan komputer tablet di Taipei pada Juni 2011. Pratinjau pengembang dirilis pada 13 September, yang kemudian digantikan oleh pratinjau konsumen pada 29 Februari 2012, dan dirilis ke publik pada bulan Mei.

Surface diluncurkan pada 18 Juni, menjadi komputer pertama dalam sejarah perusahaan yang memiliki perangkat kerasnya yang dibuat oleh Microsoft. Pada 25 Juni, Microsoft membayar US $ 1,2 miliar untuk membeli jejaring sosial Yammer. Pada 31 Juli, mereka meluncurkan layanan webmail Outlook untuk bersaing dengan Gmail. Pada 4 September 2012, Microsoft merilis Windows Server 2012.

Pada Juli 2012, Microsoft menjual 50% sahamnya di MSNBC, yang telah dijalankannya sebagai perusahaan patungan dengan NBC sejak 1996. Pada 1 Oktober, Microsoft mengumumkan niatnya untuk meluncurkan operasi berita, bagian dari MSN tampilan baru, dengan Windows 8 di akhir bulan. Pada 26 Oktober 2012, Microsoft meluncurkan Windows 8 dan Microsoft Surface. Tiga hari kemudian, Windows Phone 8 diluncurkan.

Untuk mengatasi potensi peningkatan permintaan untuk produk dan layanan, Microsoft membuka sejumlah Toko Holiday di seluruh AS untuk melengkapi peningkatan jumlah Toko Microsoft "bricks-and-mortar" yang dibuka pada 2012. Pada 29 Maret 2013, Microsoft meluncurkan Pelacak Paten. Pada Agustus 2012, Departemen Kepolisian Kota New York mengumumkan kemitraan dengan Microsoft untuk pengembangan Sistem Kesadaran Domain yang digunakan untuk pengawasan Polisi di Kota New York.


Kinect, perangkat input pengindera gerak yang dibuat oleh Microsoft dan dirancang sebagai pengontrol video game, pertama kali diperkenalkan pada November 2010, ditingkatkan untuk rilis konsol video game Xbox One 2013. Kemampuan Kinect terungkap pada Mei 2013 dengan kamera 1080p ultra-lebar, berfungsi dalam gelap karena sensor inframerah, kekuatan pemrosesan kelas atas dan perangkat lunak baru, kemampuan untuk membedakan antara gerakan halus (seperti gerakan ibu jari), dan menentukan detak jantung pengguna dengan melihat wajah mereka.

Microsoft mengajukan aplikasi paten pada tahun 2011 yang menunjukkan bahwa perusahaan dapat menggunakan sistem kamera Kinect untuk memantau perilaku pemirsa televisi sebagai bagian dari rencana untuk membuat pengalaman menonton lebih interaktif. Pada tanggal 19 Juli 2013, saham Microsoft mengalami penuruna penjualan terbesar sejak tahun 2000, setelah laporan kuartal keempatnya meningkatkan kekhawatiran di kalangan investor pada pelaunchingan Windows 8 dan tablet Surface yang buruk di pasaran. Microsoft menderita kerugian lebih dari US $ 32 miliar.

Sejalan dengan bisnis PC yang jatuh tempo, pada Juli 2013, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menata ulang bisnis menjadi empat divisi bisnis baru, yaitu Sistem Operasi, Aplikasi, Cloud, dan Perangkat. Semua divisi sebelumnya akan dibubarkan menjadi divisi baru tanpa ada pengurangan tenaga kerja. Pada 3 September 2013, Microsoft setuju untuk membeli unit ponsel Nokia seharga $ 7 miliar, setelah Amy Hood mengambil peran sebagai CFO.

Property by Google
Source : Wikipedia.org
Comments